Modul Ajar - SPLDV

Modul Ajar - SPLDV

MODUL AJAR

SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL

KOMPONEN MINIMUM PERENCANAAN PEMBELAJARAN

Identifikasi Dimensi Profil Lulusan: Pilihlah dimensi profil lulusan yang akan dicapai dalam pembelajaran
DPL1
Keimanan dan Ketakwaan terhadap Tuhan YME
DPL3
Penalaran Kritis
DPL6
Kemandirian
DPL7
Kesehatan
DPL2
Kewargaan
DPL4
Kreativitas
DPL5
Kolaborasi
DPL8
Komunikasi

Tujuan Pembelajaran

Peserta didik dapat memahami, menyelesaikan, dan menerapkan sistem persamaan linear dua variabel dalam konteks kehidupan sehari-hari menggunakan metode eliminasi, substitusi, dan gabungan.

Praktik Pedagogis

Model Problem Based Learning dan Cooperative Learning, dengan pendekatan kontekstual melalui masalah nyata (seperti pembelian barang, lahan parkir, pembagian uang).

Kemitraan Pembelajaran (opsional)

Kolaborasi antar peserta didik dalam kelompok, diskusi kelas, dan peran guru sebagai fasilitator. Dapat melibatkan orang tua dalam memberikan contoh penerapan SPLDV di kehidupan sehari-hari.

Lingkungan Pembelajaran

Kelas yang kondusif, aman, dan nyaman untuk berdiskusi. Penggunaan papan tulis dan media visual untuk mempermudah pemahaman. Ruang virtual (opsional) dapat digunakan untuk forum diskusi atau pengumpulan tugas via platform digital.

Pemanfaatan Digital (opsional)

Penggunaan video penjelasan konsep SPLDV, platform quiz interaktif (seperti Quizizz atau Google Form), dan forum diskusi daring untuk tanya jawab di luar jam pelajaran.

A. INFORMASI UMUM

Komponen Keterangan
Nama Penyusun ………………………
Nama Sekolah ………………………
Tahun Pelajaran 2023/2024
Fase/Kelas D / VIII
Alokasi Waktu 25 JP × 40 menit
Jumlah Pertemuan 5 pertemuan

1. Kompetensi Awal

Peserta didik sudah mengenal konsep aljabar dan persamaan linear satu variabel (PLSV) dari pembelajaran sebelumnya.

2. Kata Kunci

Linear Metode Eliminasi Metode Substitusi Metode Gabungan Model Matematika Persamaan Variabel

3. Profil Pelajar Pancasila

Mandiri Bernalar kritis Gotong royong Kreatif

4. Sarana, Prasarana, dan Sumber Belajar

  • Sarana: Papan tulis, media ajar
  • Prasarana: Ruang kelas
  • Sumber belajar: Buku Matematika untuk SMP/MTs Kelas VIII (Grafindo Media Pratama)

5. Target Peserta Didik

Peserta didik reguler

6. Model dan Mode Pembelajaran

  • Model pembelajaran: Cooperative Learning dan Problem Based Learning
  • Mode pembelajaran: Tatap muka

7. Assesmen

  • Asesmen non-kognitif (diagnostik gaya belajar)
  • Asesmen kognitif (sumatif akhir bab)

B. KOMPONEN INTI

Pertemuan 1 (5 JP × 40 menit)

1. Tujuan Pembelajaran

  • Memahami konsep persamaan linear satu variabel
  • Memahami konsep persamaan linear dua variabel

2. Pemahaman Bermakna

Peserta didik mampu memahami konsep persamaan linear satu variabel dan persamaan linear dua variabel.

3. Pertanyaan Pemantik

  • Jika seorang anak bernama Mizan membeli bola coklat jenis A sebanyak 3 buah dengan total isi bola coklat sebanyak 12 buah. Dapatkah kamu menentukan banyaknya bola coklat pada setiap kemasan jenis A?
  • Jika Imam membeli bola coklat jenis B sebanyak 2 buah dan jenis C sebanyak 1 buah dengan total bola coklat yang didapat sebanyak 9 buah. Dapatkah kamu menentukan dengan pasti banyaknya bola coklat pada setiap kemasan jenis B dan jenis C?
  • Jika Muzha membeli bola coklat jenis B sebanyak 3 buah dan kemasan jenis C sebanyak 2 buah dengan total bola coklat yang didapat sebanyak 16 buah. Sekarang dapatkah kamu menentukan dengan pasti banyaknya bola coklat pada kemasan jenis B dan jenis C?

4. Kegiatan Pembelajaran

Pendahuluan:
  • Salam, doa, presensi
  • Apersepsi: “Masih ingatkah kamu tentang materi Persamaan Linear Satu Variabel di kelas VII?”
Kegiatan Inti:
  • Penyampaian tujuan pembelajaran
  • Pengorganisasian kelompok (4 orang)
  • Eksplorasi konsep PLDV melalui LKPD
  • Presentasi hasil kelompok
  • Apresiasi dan penguatan
Penutup:
  • Refleksi
  • Informasi pertemuan berikutnya
  • Doa dan salam

Pertemuan 2 (5 JP × 40 menit)

1. Tujuan Pembelajaran

Memahami konsep sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV)

2. Pemahaman Bermakna

Peserta didik mampu memahami konsep sistem persamaan linear dua variabel.

3. Pertanyaan Pemantik

  • Apakah kalian masih ingat apa itu persamaan?
  • Apa yang dimaksud dengan sistem?

4. Kegiatan Pembelajaran

Pendahuluan:
  • Salam, doa, presensi
  • Apersepsi: “Apakah kalian masih ingat persamaan linear dua variabel?”
Kegiatan Inti:
  • Penyampaian tujuan
  • Diskusi kelompok tentang SPLDV
  • Eksplorasi melalui LKPD
  • Presentasi dan diskusi kelas
  • Penguatan materi
Penutup:
  • Refleksi
  • Informasi pertemuan berikutnya
  • Doa dan salam

Pertemuan 3 (5 JP × 40 menit)

1. Tujuan Pembelajaran

Menyelesaikan sistem persamaan linear dua variabel

2. Pemahaman Bermakna

Peserta didik mampu menyelesaikan sistem persamaan linear dua variabel.

3. Pertanyaan Pemantik

  • Apakah kalian masih ingat sistem persamaan linear dua variabel?
  • Lalu bagaimana cara menyelesaikan sistem persamaan linear dua variabel?

4. Kegiatan Pembelajaran

Pendahuluan:
  • Salam, doa, presensi
  • Apersepsi: “Masih ingatkah kamu dengan sistem persamaan linear dua variabel?”
Kegiatan Inti:
  • Penyampaian tujuan
  • Pengenalan metode eliminasi, substitusi, dan gabungan
  • Latihan soal dalam kelompok
  • Presentasi penyelesaian
  • Penguatan dan koreksi
Penutup:
  • Refleksi
  • Informasi pertemuan berikutnya
  • Doa dan salam

Pertemuan 4 (5 JP × 40 menit)

1. Tujuan Pembelajaran

Menerapkan sistem persamaan linear dua variabel dalam kehidupan sehari-hari

2. Pemahaman Bermakna

Peserta didik mampu menerapkan sistem persamaan linear dua variabel.

3. Pertanyaan Pemantik

  • Apa kalian tahu contoh sistem persamaan linear dua variabel?
  • Sebutkan contoh sistem persamaan linear dua variabel dalam kehidupan sehari-hari!

4. Kegiatan Pembelajaran

Pendahuluan:
  • Salam, doa, presensi
  • Apersepsi: “Apakah kamu tahu manfaat mempelajari sistem persamaan linear dalam kehidupan sehari-hari?”
Kegiatan Inti:
  • Penyampaian tujuan
  • Diskusi kontekstual (masalah parkir, pembelian barang, dll)
  • Kerja kelompok menyelesaikan LKPD kontekstual
  • Presentasi hasil
  • Penguatan penerapan SPLDV
Penutup:
  • Refleksi
  • Informasi penilaian akhir bab
  • Doa dan salam

Pertemuan 5 (5 JP × 40 menit)

  • Pelaksanaan tes sumatif (akhir bab)
  • Pembahasan soal tes sumatif

C. LAMPIRAN

Lampiran 1: LKPD (contoh halaman pertama)

LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD)

KONSEP PLDV DAN SPLDV

Identitas:
  • Nama Siswa : ……………………
  • Kelas : ……………………
Tujuan:
  1. Peserta didik dapat memahami konsep persamaan linear satu variabel
  2. Peserta didik dapat memahami konsep persamaan linear dua variabel
  3. Peserta didik dapat memahami konsep sistem persamaan linear dua variabel
Kegiatan 1: Mengenal PLDV

(berisi ilustrasi gambar dan pertanyaan terkait PLDV)

Kegiatan 2: Mengenal SPLDV dan Model Matematika

(berisi ilustrasi kontekstual dan pembentukan model matematika)

Kegiatan 3: Menyimpulkan

(ruang untuk menyimpulkan perbedaan PLDV dan SPLDV)

Lampiran 2: Bahan Bacaan Guru dan Peserta Didik
  1. Buku Matematika untuk SMP/MTs Kelas VIII (Grafindo Media Pratama)
  2. Handout materi SPLDV (meliputi definisi, bentuk umum, metode penyelesaian)
Lampiran 3: Asesmen

A. Asesmen Diagnostik Non-Kognitif

(kuisioner gaya belajar dengan 14 pertanyaan pilihan A/B/C)

B. Asesmen Sumatif Akhir Bab

(soal pilihan ganda dan uraian beserta rubrik penilaian)

Lampiran 4: Glosarium
Istilah Definisi
Metode Substitusi Menggantikan satu variabel dengan variabel dari persamaan lainnya
Metode Eliminasi Menghilangkan salah satu variabel dengan menjumlah/mengurangkan kedua persamaan
Metode Gabungan Gabungan dari metode eliminasi dan substitusi
Lampiran 5: Daftar Pustaka
  1. Kepmendibudristek RI Nomor 56/M/2022
  2. Permendikbudristek RI Nomor 22 Tahun 2022
  3. Buku Matematika SMP/MTs Kelas VIII (Grafindo Media Pratama)
  4. Pedoman Kurikulum Merdeka

Refleksi

Guru

  • Apakah metode pembelajaran sudah efektif?
  • Bagian mana yang perlu diperbaiki?
  • Apakah tujuan pembelajaran tercapai?

Peserta Didik

  • Apakah materi dapat dipahami?
  • Kesulitan apa yang dialami?
  • Manfaat apa yang dirasakan?
Mengetahui,
Kepala Sekolah


…………………………………
NIP. ……………………………
Guru Mata Pelajaran


…………………………………
NIP. ……………………………

Catatan: Dokumen ini telah disusun sesuai dengan Komponen Minimum Perencanaan Pembelajaran dan Struktur Modul Ajar berdasarkan pedoman Kurikulum Merdeka. Semua lampiran (LKPD lengkap, soal asesmen lengkap, bahan bacaan) dapat dilampirkan secara terpisah.

© 2023 Modul Ajar SPLDV - Dokumen Pendidikan

Posting Komentar

0 Komentar