Berikut Kegiatan pada Moda Daring Murni : KK-D
Kegiatan 1.1. Pengembangan dan Perubahan Kurikulum
1. Peran konservatif. Peran konservatif kurikulum adalah melestarikan berbagai budaya sebagai warisan masa lalu.
Peran Kurikulum
Sejauh mana kurikulum berperan dalam kemajuan suatu bangsa? Cermati peran kurikulum pada bagan berikut.
2. Peran kreatif. Dalam peran kreatifnya, kurikulum harus mengandung hal-hal baru sehingga dapat membantu siswa untuk dapat mengembangkan setiap potensi yang dimilikinya agar dapat berperan aktif dalam kehidupan sosial masyarakat yang senantiasa bergerak maju secara dinamis.
3. Peran kritis dan evaluatif. Kurikulum berperan untuk menyeleksi nilai dan budaya mana yang perlu dipertahankan, dan mana yang harus dimiliki oleh siswa.
Kegiatan 1.1. Pengembangan dan Perubahan Kurikulum
Kegiatan 1.1. Pengembangan dan Perubahan Kurikulum
Kurikulum harus mengandung hal-hal baru sehingga dapat membantu
siswa untuk dapat mengembangkan setiap potensi yang dimilikinya agar dapat
berperan aktif dalam kehidupan sosial masyarakat yang senantiasa bergerak maju
secara dinamis. Hal ini merupakan peran kurikulum yakni … .
Jawaban Anda : peran kreatif
Sangat tepat! Dalam
peran kreatifnya, kurikulum memang diharapkan mengandung hal-hal baru sehingga
dapat membantu siswa untuk dapat mengembangkan setiap potensi yang dimilikinya
agar dapat berperan aktif dalam kehidupan sosial masyarakat yang senantiasa
bergerak maju secara dinamis
Kegiatan 1.1. Pengembangan dan Perubahan Kurikulum
Fungsi Kurikulum
Kegiatan 1.1. Pengembangan dan Perubahan Kurikulum
Kegiatan 1.1.
Pengembangan dan Perubahan Kurikulum
Pasangkan
fungsi-fungsi kurikulum berikut dengan penjelasannya dengan tepat.
Jawaban Anda :
Fungsi umum pendidikan
= mempersiapkan
peserta didik agar menjadi anggota masyarakat yang bertanggung jawab dan baik
Suplementasi
= Kurikulum sebagai
alat pendidikan harus dapat memberikan pelayanan kepada setiap siswa
Eksplorasi
= Kurikulum harus
dapat menemukan dan mengembangkan minat dan bakat masing-masing siswa
Keahlian
= Kurikulum berfungsi
untuk mengembangkan kemampuan anak sesuai dengan keahliannya yang didasarkan
atas minat dan bakat siswa
Benar! Anda berhasil
memetakan fungsi kurikulum dengan tepat. Secara umum, terdapat empat
fungsi kurikulum yakni:
Terdapat 4 fungsi
kurikulum, yakni…
1.
Fungsi umum pendidikan.
Maksudnya untuk mempersiapkan peserta didik agar menjadi anggota masyarakat
yang bertanggung jawab dan baik.
2.
Suplementasi.
Kurikulum sebagai alat pendidikan harus dapat memberikan pelayanan kepada
setiap siswa.
3.
Eksplorasi. Kurikulum
harus dapat menemukan dan mengembangkan minat dan bakat masing-masing siswa.
4.
Keahlian. Kurikulum
berfungsi untuk mengembangkan kemampuan anak sesuai dengan keahliannya yang
didasarkan atas minat dan bakat siswa.
Kegiatan 1.1. Pengembangan dan Perubahan Kurikulum
Prinsip Pengembangan Kurikulum
Perubahan dan pengembangan kurikulum tidak dapat dilakukan
secara serta merta, melainkan harus memperhatikan prinsip pengembangan
kurikulum. Terdapat empat prinsip pengembangan kurikulum seperti disajikan pada
bagan berikut.
You have
completed 43% of the lesson
43%
Kegiatan 1.1. Pengembangan dan Perubahan Kurikulum
You have
completed 50% of the lesson
50%
Kegiatan 1.1.
Pengembangan dan Perubahan Kurikulum
Pasangkan prinsip
pengembangan kurikulum berikut dengan penjelasannya dengan tepat.
Jawaban Anda :
kesesuaian antara
setiap komponen (anatomi) kurikulum; dan harus sesuai dan mampu menjawab
terhadap tuntutan dan perkembangan kehidupan masyarakat
= Relevansi
kurikulum harus bisa
diterapkan secara lentur disesuaikan dengan karakteristik dan potensi setiap
siswa, juga dinamika kehidupan masyarakat
= Fleksibilitas
kurikulum harus
memberi bekal bagi setiap siswa untuk mengembangkan kemampuan dan potensi yang
dimilikinya secara berkesinambungan dan berkelanjutan (kontinuitas)
= Kontinuitas
kurikulum memungkinkan
setiap personil untuk menerapkannya secara mudah dengan menggunakan biaya
secara proporsional dan itulah efisien
= Efektivitas
Benar! Anda berhasil
memetakan prinsip pengembangan kurikulum dengan tepat. Secara umum, terdapat
prinsip pengembangan kurikulum dapat dijabarkan sebagai berikut …
1.
Relevansi. Kurikulum
yang dikembangkan oleh sekolah harus memiliki kesesuaian (relevansi) sehingga
kurikulum tersebut bisa bermanfaat. Ada dua relevansi: relevansi internal,
yaitu kesesuaian antara setiap komponen (anatomi) kurikulum; kedua relevansi
eksternal, yaitu program kurikulum harus sesuai dan mampu menjawab terhadap
tuntutan dan perkembangan kehidupan masyarakat.
2.
Fleksibilitas.
Kurikulum harus bisa diterapkan secara lentur disesuaikan dengan karakteristik
dan potensi setiap siswa, juga dinamika kehidupan masyarakat.
3.
Kontinuitas. Isi
program dan penerapan kurikulum di setiap sekolah harus memberi bekal bagi
setiap siswa untuk mengembangkan kemampuan dan potensi yang dimilikinya secara
berkesinambungan dan berkelanjutan (kontinuitas). Setiap satuan pendidikan
mengembangkan kurikulum dengan membaca dan mengetahui bagaimana program
kurikulum di satuan pendidikan yang lainnya.
4.
Efisiensi dan
Efektivitas. Kurikulum harus memungkinkan setiap personil untuk menerapkannya
secara mudah dengan menggunakan biaya secara proporsional dan itulah efisien.
Penggunaan seluruh sumber daya baik piranti kurikulum, sumber daya manusia
maupun sumber finansial harus menjamin bagi tercapainya tujuan atau membawa
hasil secara optimal dan itulah makna dari prinsip efektivitas
Kegiatan 1.1. Pengembangan dan Perubahan Kurikulum
Kurikulum Sebelum 1968
Selama Anda menjalani profesi sebagai guru matematika, berapa
kali Anda mengalami perubahan kurikulum yang ditetapkan di Indonesia?
Pada bagian ini, akan dibahas kurikulum-kurikulum yang pernah
berlaku di Indonesia.
Kurikulum pertama yang berlaku di Indonesia dikenal dengan istilah
Rentjana Peladjaran pada tahun 1947.
You have
completed 57% of the lesson
57%
Kurikulum 1968 - 2006
Istilah matematika sendiri baru muncul pada Kurikulum 1968
sebagai bagian dari Mata Pelajaran Ilmu Pasti pada tingkat SMA. Sedangkan
istilah matematika sebagai nama mata pelajaran, baru digunakan pada Kurikulum
1975 pada jenjang SD, SMP, dan SMA.
Top
of Form
You have
completed 64% of the lesson
64%
Pengembangan Kurikulum 2013
Saat ini kurikulum di Indonesia berada pada masa peralihan dari
kurikulum 2006 menuju kurikulum 2013.
Pengembangan Kurikulum 2013 merupakan langkah lanjutan
pengembangan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) yang telah dirintis pada tahun
2004 dan Kurikulum 2006. Di dalam kerangka pengembangan kurikulum 2013, hanya 4
standar yang berubah, yakni Standar Kompetensi Lulusan (SKL), Standar Proses,
Standar Isi, dan Standar Penilaian.
You have
completed 71% of the lesson
71%
Rasional Kurikulum 2013
Pengembangan Kurikulum 2013 muncul karena faktor internal dan
faktor eksternal.
Penguatan materi pada Kurikulum 2013 dilakukan dengan
pengurangan materi yang tidak relevan serta pendalaman dan perluasan materi
yang relevan bagi peserta didik. Juga menambahkan materi yang dianggap penting
dalam perbandingan internasional, serta penguatan tujuan pembelajaran yang
ingin dicapai. Cakupan materi di SMP meliputi bilangan rasional, real,
pengenalan aljabar, himpunan, geometri dan pengukuran (termasuk transformasi,
bangun tidak beraturan), dan statistika dan peluang (termasuk metode statistik
sederhana).
You have completed
79% of the lesson
79%
Pernyataan yang tidak
tepat berkaitan dengan rasional pengembangan kurikulum
adalah ....
Jawaban Anda : memadatkan kurikulum sebelumnya agar
capaian kompetensi siswa lebih kaya dan luas
benar
Kegiatan 1.2. SKL, KI,
KD dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Pengantar Kegiatan 1.2
Diharapkan guru setelah membaca modul ini dapat:
1.
Menjelaskan pengertian
SK, KI, dan KD.
2.
Menganalisis
keterkaitan SKL dengan KI dan KD.
3.
Menganalisis
kesesuaian indikator pembelajaran dengan KD
Anda diharuskan
mengikuti seluruh halaman di kegiatan ini sebagai syarat agar dapat mengikuti
tes sumatif di akhir sesi.
You have completed 0%
of the lesson
0%
STANDAR KOMPETENSI
LULUSAN
SKL sebagai acuan
utama pengembangan ketujuh standar pendidikan lainnya. SKL terdiri 3 ranah
yaitu sikap, pengetahuan dan ketrampilan.
Kompetensi lulusan
satuan pendidikan SMP/MTs/SMPLB/PAKET B Lulusan SMP/MTs/SMPLB/PAKET B adalah
manusia yang memiliki kualifikasi berikut.
Tabel. Kompetensi Lulusan SMP/MTs/SMPLB/PAKET B
DIMENSI
|
KOMPETENSI LULUSAN
|
SIKAP
|
Memiliki
perilaku yang mencerminkan sikap orang beriman, berakhlak mulia, berilmu,
percaya diri, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
|
PENGETAHUAN
|
Memiliki
pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural dalam ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, dan budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian yang tampak mata
|
KETERAMPILAN
|
Memiliki
kemampuan pikir dan tindak yang efektif dan kreatif dalam ranah abstrak dan
konkret sesuai dengan yang dipelajari disekolah dan sumber lain sejenis.
|
You have completed 10%
of the lesson
10%
KOMPETENSI INTI (KI)
Kompetensi inti (KI)
merupakan standar penilaian yang harus dimiliki secara berbeda pada setiap
tingkatan dan kelas. KI merupakan komponen penilaian yang akan dapat mengejawantahkan/mewujudkan
isi dari SKL.
0 Komentar
Isikan Komentar Anda