Kegiatan 1.1 dan 1.2 GP Moda Daring Modul D

Kegiatan Guru Pembelajaran Moda Daring Murni, ini adalah kelanjutan dari Kegiatan Modul F yang telah diselesaikan oleh peserta.Kegiatan ini akan berlangsung, 12 November 2016 s.d 11 Desember 2016.
Berikut Kegiatan pada Moda Daring Murni  : KK-D

Kegiatan 1.1. Pengembangan dan Perubahan Kurikulum
Peran Kurikulum
Sejauh mana kurikulum berperan dalam kemajuan suatu bangsa? Cermati peran kurikulum pada bagan berikut.
Peran kurikulum yaitu:

1.   Peran konservatif. Peran konservatif kurikulum adalah melestarikan berbagai budaya sebagai warisan masa lalu.
2.   Peran kreatif. Dalam peran kreatifnya, kurikulum harus mengandung hal-hal baru sehingga dapat membantu siswa untuk dapat mengembangkan setiap potensi yang dimilikinya agar dapat berperan aktif dalam kehidupan sosial masyarakat yang senantiasa bergerak maju secara dinamis.
3.   Peran kritis dan evaluatif. Kurikulum berperan untuk menyeleksi nilai dan budaya mana yang perlu dipertahankan, dan mana yang harus dimiliki  oleh siswa.

Kegiatan 1.1. Pengembangan dan Perubahan Kurikulum

Kurikulum harus mengandung hal-hal baru sehingga dapat membantu siswa untuk dapat mengembangkan setiap potensi yang dimilikinya agar dapat berperan aktif dalam kehidupan sosial masyarakat yang senantiasa bergerak maju secara dinamis. Hal ini merupakan peran kurikulum yakni … .
peran kreatif
peran konservatif
peran evaluatif
peran dinamis

Kegiatan 1.1. Pengembangan dan Perubahan Kurikulum

Kurikulum harus mengandung hal-hal baru sehingga dapat membantu siswa untuk dapat mengembangkan setiap potensi yang dimilikinya agar dapat berperan aktif dalam kehidupan sosial masyarakat yang senantiasa bergerak maju secara dinamis. Hal ini merupakan peran kurikulum yakni … .
Jawaban Anda : peran kreatif
Sangat tepat! Dalam peran kreatifnya, kurikulum memang diharapkan mengandung hal-hal baru sehingga dapat membantu siswa untuk dapat mengembangkan setiap potensi yang dimilikinya agar dapat berperan aktif dalam kehidupan sosial masyarakat yang senantiasa bergerak maju secara dinamis

Kegiatan 1.1. Pengembangan dan Perubahan Kurikulum

Fungsi Kurikulum


Sebenarnya, apakah fungsi kurikulum dalam suatu sistem pendidikan? Terdapat empat fungsi kurikulum seperti pada bagan berikut.

Kegiatan 1.1. Pengembangan dan Perubahan Kurikulum

Pasangkan fungsi-fungsi kurikulum berikut dengan penjelasannya dengan tepat.
Fungsi umum pendidikan         

Suplementasi         

Eksplorasi         

Keahlian         
Kegiatan 1.1. Pengembangan dan Perubahan Kurikulum
Pasangkan fungsi-fungsi kurikulum berikut dengan penjelasannya dengan tepat.
Jawaban Anda : 
Fungsi umum pendidikan
= mempersiapkan peserta didik agar menjadi anggota masyarakat yang bertanggung jawab dan baik
Suplementasi
= Kurikulum sebagai alat pendidikan harus dapat memberikan pelayanan kepada setiap siswa
Eksplorasi
= Kurikulum harus dapat menemukan dan mengembangkan minat dan bakat masing-masing siswa
Keahlian
= Kurikulum berfungsi untuk mengembangkan kemampuan anak sesuai dengan keahliannya yang didasarkan atas minat dan bakat siswa
Benar! Anda berhasil memetakan fungsi kurikulum dengan tepat. Secara umum, terdapat empat fungsi kurikulum yakni:
Terdapat 4 fungsi kurikulum, yakni…
1.   Fungsi umum pendidikan. Maksudnya untuk mempersiapkan peserta didik agar menjadi anggota masyarakat yang bertanggung jawab dan baik.
2.   Suplementasi. Kurikulum sebagai alat pendidikan harus dapat memberikan pelayanan kepada setiap siswa.
3.   Eksplorasi. Kurikulum harus dapat menemukan dan mengembangkan minat dan bakat masing-masing siswa.
4.   Keahlian. Kurikulum berfungsi untuk mengembangkan kemampuan anak sesuai dengan keahliannya yang didasarkan atas minat dan bakat siswa.
Top of Form
Bottom of Form

Kegiatan 1.1. Pengembangan dan Perubahan Kurikulum

Prinsip Pengembangan Kurikulum

Perubahan dan pengembangan kurikulum tidak dapat dilakukan secara serta merta, melainkan harus memperhatikan prinsip pengembangan kurikulum. Terdapat empat prinsip pengembangan kurikulum seperti disajikan pada bagan berikut.



You have completed 43% of the lesson
43%

Kegiatan 1.1. Pengembangan dan Perubahan Kurikulum

Pasangkan prinsip pengembangan kurikulum berikut dengan penjelasannya dengan tepat.
kesesuaian antara setiap komponen (anatomi) kurikulum; dan  harus sesuai dan mampu menjawab terhadap tuntutan dan perkembangan kehidupan masyarakat
         

kurikulum harus bisa diterapkan secara lentur disesuaikan dengan karakteristik dan potensi setiap siswa, juga dinamika kehidupan masyarakat
         

kurikulum harus memberi bekal bagi setiap siswa untuk mengembangkan kemampuan dan potensi yang dimilikinya secara berkesinambungan dan berkelanjutan (kontinuitas)
         

kurikulum memungkinkan setiap personil untuk menerapkannya secara mudah dengan menggunakan biaya secara proporsional dan itulah efisien
         

You have completed 50% of the lesson
50%
Kegiatan 1.1. Pengembangan dan Perubahan Kurikulum
Pasangkan prinsip pengembangan kurikulum berikut dengan penjelasannya dengan tepat.
Jawaban Anda : 
kesesuaian antara setiap komponen (anatomi) kurikulum; dan  harus sesuai dan mampu menjawab terhadap tuntutan dan perkembangan kehidupan masyarakat
= Relevansi
kurikulum harus bisa diterapkan secara lentur disesuaikan dengan karakteristik dan potensi setiap siswa, juga dinamika kehidupan masyarakat
= Fleksibilitas
kurikulum harus memberi bekal bagi setiap siswa untuk mengembangkan kemampuan dan potensi yang dimilikinya secara berkesinambungan dan berkelanjutan (kontinuitas)
= Kontinuitas
kurikulum memungkinkan setiap personil untuk menerapkannya secara mudah dengan menggunakan biaya secara proporsional dan itulah efisien
= Efektivitas
Benar! Anda berhasil memetakan prinsip pengembangan kurikulum dengan tepat. Secara umum, terdapat prinsip pengembangan kurikulum dapat dijabarkan sebagai berikut …
1.   Relevansi. Kurikulum yang dikembangkan oleh sekolah harus memiliki kesesuaian (relevansi) sehingga kurikulum tersebut bisa bermanfaat. Ada dua relevansi: relevansi internal, yaitu kesesuaian antara setiap komponen (anatomi) kurikulum; kedua relevansi eksternal, yaitu program kurikulum harus sesuai dan mampu menjawab terhadap tuntutan dan perkembangan kehidupan masyarakat.
2.   Fleksibilitas. Kurikulum harus bisa diterapkan secara lentur disesuaikan dengan karakteristik dan potensi setiap siswa, juga dinamika kehidupan masyarakat.
3.   Kontinuitas. Isi program dan penerapan kurikulum di setiap sekolah harus memberi bekal bagi setiap siswa untuk mengembangkan kemampuan dan potensi yang dimilikinya secara berkesinambungan dan berkelanjutan (kontinuitas). Setiap satuan pendidikan mengembangkan kurikulum dengan membaca dan mengetahui bagaimana program kurikulum di satuan pendidikan yang lainnya.
4.    Efisiensi dan Efektivitas. Kurikulum harus memungkinkan setiap personil untuk menerapkannya secara mudah dengan menggunakan biaya secara proporsional dan itulah efisien. Penggunaan seluruh sumber daya baik piranti kurikulum, sumber daya manusia maupun sumber finansial harus menjamin bagi tercapainya tujuan atau membawa hasil secara optimal dan itulah makna dari prinsip efektivitas
Top of Form
Bottom of Form

Kegiatan 1.1. Pengembangan dan Perubahan Kurikulum

Kurikulum Sebelum 1968

Selama Anda menjalani profesi sebagai guru matematika, berapa kali Anda mengalami perubahan kurikulum yang ditetapkan di Indonesia?
Pada bagian ini, akan dibahas kurikulum-kurikulum yang pernah berlaku di Indonesia.
Kurikulum pertama yang berlaku di Indonesia dikenal dengan istilah Rentjana Peladjaran pada tahun 1947.

You have completed 57% of the lesson
57%

Kurikulum 1968 - 2006

Istilah matematika sendiri baru muncul pada Kurikulum 1968 sebagai bagian dari Mata Pelajaran Ilmu Pasti pada tingkat SMA. Sedangkan istilah matematika sebagai nama mata pelajaran, baru digunakan pada Kurikulum 1975 pada jenjang SD, SMP, dan SMA.

 Top of Form
You have completed 64% of the lesson
64%

Pengembangan Kurikulum 2013

Saat ini kurikulum di Indonesia berada pada masa peralihan dari kurikulum 2006 menuju kurikulum 2013.
Pengembangan Kurikulum 2013 merupakan langkah lanjutan pengembangan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) yang telah dirintis pada tahun 2004 dan Kurikulum 2006. Di dalam kerangka pengembangan kurikulum 2013, hanya 4 standar yang berubah, yakni Standar Kompetensi Lulusan (SKL), Standar Proses, Standar Isi, dan Standar Penilaian. 

You have completed 71% of the lesson
71%

Rasional Kurikulum 2013

Pengembangan Kurikulum 2013 muncul karena faktor internal dan faktor eksternal.


Penguatan materi pada Kurikulum 2013 dilakukan dengan pengurangan materi yang tidak relevan serta pendalaman dan perluasan materi yang relevan bagi peserta didik. Juga menambahkan materi yang dianggap penting dalam perbandingan internasional, serta penguatan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai. Cakupan materi di SMP meliputi bilangan rasional, real, pengenalan aljabar, himpunan, geometri dan pengukuran (termasuk transformasi, bangun tidak beraturan), dan statistika dan peluang (termasuk metode statistik sederhana).
You have completed 79% of the lesson
79%
Pernyataan yang tidak tepat berkaitan dengan rasional pengembangan kurikulum  adalah ....
Jawaban Anda : memadatkan kurikulum sebelumnya agar capaian kompetensi siswa lebih kaya dan luas
benar
Top of Form


Kegiatan 1.2. SKL, KI, KD dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Pengantar Kegiatan 1.2

Diharapkan guru setelah membaca modul ini dapat:
1.   Menjelaskan pengertian SK, KI, dan KD.
2.   Menganalisis keterkaitan SKL dengan KI dan KD.
3.   Menganalisis kesesuaian indikator pembelajaran dengan KD
Anda diharuskan mengikuti seluruh halaman di kegiatan ini sebagai syarat agar dapat mengikuti tes sumatif di akhir sesi.
Top of Form
Bottom of Form
You have completed 0% of the lesson
0%
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN

SKL sebagai acuan utama pengembangan ketujuh standar pendidikan lainnya. SKL terdiri 3 ranah yaitu sikap, pengetahuan dan ketrampilan.
Kompetensi lulusan satuan pendidikan SMP/MTs/SMPLB/PAKET B Lulusan SMP/MTs/SMPLB/PAKET B adalah manusia yang memiliki kualifikasi berikut.
Tabel. Kompetensi Lulusan SMP/MTs/SMPLB/PAKET B
DIMENSI
KOMPETENSI LULUSAN
SIKAP
Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap orang beriman, berakhlak mulia, berilmu, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
PENGETAHUAN
Memiliki pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian yang tampak mata
KETERAMPILAN
Memiliki kemampuan pikir dan tindak yang efektif dan kreatif dalam ranah abstrak dan konkret sesuai dengan yang dipelajari disekolah dan sumber lain sejenis.
Top of Form
Bottom of Form

Top of Form
Bottom of Form
You have completed 10% of the lesson
10%
KOMPETENSI INTI (KI)
Kompetensi inti (KI) merupakan standar penilaian yang harus dimiliki secara berbeda pada setiap tingkatan dan kelas. KI merupakan komponen penilaian yang akan dapat mengejawantahkan/mewujudkan isi dari SKL.

Top of Form



Posting Komentar

0 Komentar