KISI-KISI PAT8- K13

Kisi-Kisi PAT Matematika Kelas 8

KISI-KISI SOAL PENILAIAN AKHIR TAHUN

MATA PELAJARAN : MATEMATIKA

KELAS/SEMESTER : VIII/GENAP
KURIKULUM : 2013
JUMLAH SOAL : 40 BUTIR SOAL

BENTUK SOAL : PILIHAN GANDA
ALOKASI WAKTU : 120 MENIT
NO KOMPETENSI DASAR MATERI INDIKATOR SOAL NO. SOAL
1 3.6 Menjelaskan dan membuktikan teorema Pythagoras dan tripel Pythagoras Teorema Pythagoras Disajikan gambar segitiga siku-siku, peserta didik dapat menentukan rumus pythagoras yang sesuai gambar dengan benar. 1
Disajikan gambar segitiga siku-siku dan dua sisi diketahui, peserta didik dapat menentukan panjang salah satu sisi segitiga dengan benar. 2
Diberikan informasi panjang sisi miring dan sisi yang lainnya sebuah segitiga siku-siku, peserta didik dapat menentukan panjang salah satu sisi yang lainnya dengan benar. 3
Disajikan gambar jajargenjang dan sisi yang diketahui, peserta didik dapat menentukan tinggi jajargenjang dengan benar. 4
Diberikan soal cerita terkait teorema pythagoras, peserta didik dapat menentukan panjang salah satu unsur segitiga yang belum diketahui dengan benar. 5
Diberikan beberapa kelompok tiga bilangan, peserta didik dapat mengidentifikasi kelompok bilangan tripel pythagoras dengan benar. 6
Disajikan gambar segitiga siku-siku dengan sudut 30° dan 60°, peserta didik mampu menentukan panjang sisi yang tidak diketahui dengan benar. 7
Disajikan gambar segitiga siku-siku dengan sudut 45°, peserta didik mampu menentukan panjang sisi yang tidak diketahui dengan benar. 8
2 3.7 Menjelaskan sudut pusat, sudut keliling, panjang busur, dan luas juring lingkaran, serta hubungannya Lingkaran Disajikan gambar lingkaran, peserta didik dapat mengidentifikasi unsur lingkaran dengan benar. 9
Diberikan informasi jari-jari suatu lingkaran, peserta didik dapat menentukan luas lingkaran dengan benar. 10
Diberikan soal cerita terkait keliling lingkaran, peserta didik dapat menyelesaikan permasalahan dengan benar. 11
Diberikan gambar bangun datar gabungan persegi panjang dan setengah lingkaran, peserta didik mampu menentukan luas atau kelilingnya dengan benar. 12
Disajikan sudut pusat lingkaran dan jari-jarinya, peserta didik dapat menentukan panjang busur dengan benar. 13
Disajikan sudut pusat lingkaran dan jari-jarinya, peserta didik dapat menentukan luas juring dengan benar. 14
Diberikan panjang busur dan sudut pusat lingkaran, peserta didik dapat menentukan panjang jari-jari dengan benar. 15
3 3.9 Membedakan dan menentukan luas permukaan dan volume bangun ruang sisi datar (kubus, balok, prisma, dan limas) Bangun ruang sisi datar Disajikan gambar kerangka kubus, peserta didik mampu mengidentifikasi bidang diagonal yang melalui suatu titik tertentu dengan benar. 16
Diberikan rangkaian persegi, peserta didik dapat membedakan rangkaian persegi yang merupakan jaring-jaring kubus dengan benar. 17
Diberikan soal cerita terkait luas permukaan kubus, peserta didik dapat menghitung volume kubus dengan benar. 18
Diberikan informasi ukuran sebuah balok, peserta didik dapat menentukan luas permukaan balok dengan benar. 19
Diberikan informasi panjang sisi alas dan tinggi suatu limas, peserta didik dapat menentukan luas permukaan limas dengan benar. 20
Diberikan ukuran sebuah balok, peserta didik dapat menentukan volume balok dengan benar. 21
Diberikan ukuran alas dan tinggi suatu prisma segitiga, peserta didik dapat menentukan luas permukaan prisma dengan benar. 22
4 3.10 Menganalisis data berdasarkan distribusi data, nilai rata-rata, median, dan modus dari sebaran data untuk mengambil simpulan, membuat keputusan, dan membuat prediksi Statistika Diberikan permasalahan terkait populasi dan sampel suatu kejadian, peserta didik dapat mengidentifikasi sampel kejadian dengan benar. 23
Disajikan diagram batang dan rata-rata nilai, peserta didik dapat menentukan banyak nilai di atas rata-rata dengan benar. 24
Disajikan diagram lingkaran dan banyak data seluruhnya, peserta didik dapat menghitung salah satu unsur pada diagram lingkaran. 25
Diberikan kumpulan data tunggal, peserta didik dapat menghitung mean data dengan benar. 26
Diberikan tabel distribusi frekuensi data tunggal, peserta didik dapat menentukan nilai rata-ratanya. 27
Diberikan tabel distribusi frekuensi data tunggal dan rata-rata nilai, peserta didik dapat menentukan frekuensi yang belum diketahui dengan benar. 28
Diberikan permasalahan terkait rata-rata dua kelompok, peserta didik dapat menentukan rata-rata gabungan dengan benar. 29
Diberikan kumpulan data tunggal, peserta didik dapat menentukan modus dari data tersebut dengan benar. 30
Disajikan tabel distribusi frekuensi data tunggal, peserta didik dapat menentukan modus data dengan benar. 31
Disajikan tabel frekuensi data tunggal, peserta didik dapat menentukan mean data dengan benar. 32
Diberikan kumpulan data tunggal, peserta didik dapat menentukan jangkauan data dengan benar. 33
Diberikan kumpulan data tunggal, peserta didik dapat menentukan kuartil bawah dan kuartil atas dengan benar. 34
Diberikan kumpulan data tunggal, peserta didik dapat menentukan jangkauan antar kuartil dengan benar. 35
5 3.11 Menjelaskan peluang empirik dan teoretik suatu kejadian dari suatu percobaan Peluang Diberikan permasalahan terkait pelemparan mata uang logam, peserta didik dapat menentukan banyak ruang sampel pelemparan dengan benar. 36
Diberikan permasalahan terkait pelemparan sebuah dadu, peserta didik dapat menentukan titik sampel kejadian tertentu dengan benar. 37
Diberikan permasalahan terkait pengambilan kelereng dalam suatu kantong, peserta didik dapat menentukan peluang kejadian tertentu dengan benar. 38
Diberikan permasalahan terkait pengambilan kelereng dalam suatu kantong, peserta didik dapat menentukan peluang kejadian tertentu dengan benar. 39
Diberikan permasalahan terkait pelemparan dadu sebanyak n kali, peserta didik dapat menentukan frekuensi harapan dari kejadian dengan benar. 40

Posting Komentar

0 Komentar