KISI-KISI SUMATIF AKHIR TAHUN (SAT) atau PAT Matematika Kelas VIII Tahun 2023

 Kisi-kisi mata pelajaran matematika untuk kelas 8 pada kurikulum 2013 semester 2 adalah dokumen yang memberikan pedoman tentang topik dan kompetensi yang akan dinilai dalam mata pelajaran matematika. Kisi-kisi ini merinci konten matematika yang harus dipelajari oleh siswa selama semester tersebut.


Kisi-kisi biasanya disusun oleh tim pengembang kurikulum atau panitia ujian yang bekerja sesuai dengan kurikulum yang berlaku. Mereka menganalisis kurikulum, standar kompetensi, dan indikator pencapaian kompetensi yang telah ditetapkan untuk kelas 8. Berdasarkan analisis tersebut, mereka menentukan topik-topik matematika yang harus dikuasai oleh siswa pada semester tersebut.

Kisi-kisi mata pelajaran matematika kelas 8 kurikulum 2021 semester 2 akan mencakup beberapa topik yang mungkin termasuk:

Operasi Bilangan:
Operasi bilangan bulat, pecahan, dan desimal.
Pemecahan masalah menggunakan operasi bilangan.

Aljabar:
Persamaan dan pertidaksamaan linear.
Pemecahan masalah menggunakan persamaan dan pertidaksamaan linear.

Geometri:
Bangun datar: persegi, persegi panjang, segitiga, dan lingkaran.
Luas dan keliling bangun datar.
Transformasi geometri sederhana: refleksi, translasi, dan rotasi.

Bangun Ruang:
Kubus, balok, tabung, dan kerucut.
Volume dan luas permukaan bangun ruang.

Trigonometri:
Trigonometri sudut istimewa.
Pemecahan masalah menggunakan trigonometri sederhana.

Statistika:
Pengumpulan dan penyajian data menggunakan tabel dan diagram.
Ukuran pemusatan data: mean, median, dan modus.
Ukuran penyebaran data: rentang, kuartil, dan simpangan kuartil.

Harap dicatat bahwa ini hanyalah contoh umum. Kisi-kisi mata pelajaran matematika kelas 8 SMP untuk kurikulum 2021 semester 2 dapat bervariasi di setiap daerah atau sekolah, tergantung pada kebijakan kurikulum yang diterapkan. Penting untuk merujuk langsung ke kisi-kisi yang diberikan oleh guru atau sekolah Anda untuk mendapatkan informasi yang lebih rinci dan akurat.


Posting Komentar

0 Komentar