Selamat Anda sudah menyelesaikan Tahap 1: Bimtek Guru Belajar seri Masa Pandemi COVID-19! Keberhasilan yang hanya bisa diraih dengan semangat belajar yang berkobar.
Sekarang, Anda masuk pada Tahap 2: Diklat Guru Belajar seri Masa Pandemi COVID-19 dari Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Apabila Tahap 1 sudah menantang, maka Anda akan mendapatkan tantangan tambahan pada Tahap 2. Semoga semangat Anda masih berkobar untuk menyelesaikan Tahap 2 hingga tuntas.
Pada tahap ini, Anda akan mempelajari mengenai
Tahap 2 terdiri dari 3 bagian utama, yaitu:
- Mendapatkan Inspirasi. Anda diharapkan
menyaksikan video webinar untuk mendapatkan inspirasi pembelajaran jarak
jauh.
- Mengembangkan. Anda diharapkan merancang dan
menerapkan pembelajaran jarak jauh di kelas Anda.
- Merefleksikan. Anda diharapkan menulis dan
menilai praktik baik pembelajaran jarak jauh.
Untuk kelancaran pelaksanaan pembelajaran ini, Anda
diharapkan untuk:
- Mengikuti instruksi pembelajaran dengan teliti
- Mempelajari secara seksama semua konsep
- Mengisi kuis sesuai kondisi Anda sebenarnya
- Melakukan latihan secara
mandiri dan berkala
Course Content
Mendapatkan Inspirasi Pengembangan Pembelajaran Jarak Jauh
Inspirasi
Pembelajaran Jarak Jauh untuk Guru PAUD/RA
Inspirasi Pembelajaran Jarak Jauh untuk Guru SD/MI
Inspirasi Pembelajaran Jarak Jauh untuk Guru SMP/MTS
Inspirasi Pembelajaran Jarak Jauh untuk Guru SMA/MA
Inspirasi Pembelajaran Jarak Jauh untuk Guru SMK
Inspirasi Pembelajaran Jarak Jauh untuk Guru SLB
Mengembangkan Pembelajaran Jarak Jauh
Pilihan Sumber
Belajar yang Bisa Digunakan untuk Pembelajaran Jarak Jauh5
Topics
Merancang dan Menerapkan Pembelajaran Jarak Jauh
Menulis Praktik Baik Pembelajaran Jarak Jauh1 Quiz
Merefleksikan Pembelajaran Jarak Jauh
Melakukan
Penilaian Diri Praktik Baik Pembelajaran Jarak Jauh1
Quiz
Hasil Asesmen Pasca Program: Menilai Praktik Baik Pembelajaran Jarak Jauh
Menulis Praktik Baik Pembelajaran Jarak Jauh
Tahap 2: Diklat Guru Belajar seri Masa
Pandemi COVID-19 (Angkatan II) Menulis Praktik Baik Pembelajaran Jarak
Jauh
IN PROGRESS
Selamat!
Anda telah merancang dan menerapkan pembelajaran jarak jauh. Pasti ada suka
dukanya. Tidak sedikit dinamikanya. Apa pun, pasti ada pelajaran penting dari
pengalaman tersebut.
Sekarang Anda diundang untuk mengingat keseluruhan
pengalaman merancang dan menerapkan pembelajaran jarak jauh. Dari keseluruhan
pengalaman tersebut, ingatlah alurnya dari awal hingga akhir. Dari penuh
tantangan hingga membuahkan hasil. Setelah itu, tuliskan alur pengalaman
tersebut menjadi sebentuk tulisan praktik baik pembelajaran jarak jauh. Anda
boleh mempelajari contoh praktik baik pembelajaran jarak jauh pada Surat Kabar Guru Belajar edisi Sekolah Lawan Corona.
Ada 3 poin
dalam bentuk pertanyaan panduan yang akan membantu Anda untuk menuliskan
praktik baik pembelajaran. Silakan cermati pertanyaan-pertanyaan panduan
berikut ini:
1. Ingat seluruh pengalaman Anda dalam
merancang dan menerapkan pembelajaran jarak jauh. Bagaimana alur pengalaman
Anda sejak awal merancang hingga menerapkan pembelajaran jarak jauh? Bagaimana
kondisi awal? Apa tantangan yang dihadapi? Apa yang Anda lakukan untuk
mengatasi tantangan?
2. Dari pengalaman yang telah Anda
jelaskan sebelumnya, bagaimana respon dan komentar dari siswa Anda? Apa usulan
siswa untuk pengembangan pembelajaran jarak jauh selanjutnya?
3. Apa perbedaan praktik pembelajaran
jarak jauh yang Anda lakukan antara sebelum dan sesudah mengikuti program Guru
Belajar seri Masa Pandemi COVID-19? Tuliskan poin perbedaan beserta bukti dan
penjelasannya
Anda dapat
membuat draft penulisan dengan bantuan penduan ini, kemudian menyalinnya sebagi
jawaban pertanyaan untuk mengunggah praktik baik Anda. Selamat bekerja!
Lesson Content
Mengunggah
Tulisan Praktik Baik Pembelajaran Jarak Jauh
Tahap
2: Diklat Guru Belajar seri Masa Pandemi COVID-19 (Angkatan II) Melakukan
Penilaian Diri Praktik Baik Pembelajaran Jarak Jauh
IN PROGRESS
Anda
sudah menuliskan praktik baik pembelajaran jarak jauh. Salut buat Anda! Butuh
kemauan belajar dan usaha yang keras untuk menyelesaikannya.
Sekarang,
Anda diharapkan melakukan penilaian diri terhadap praktik baik pembelajaran
jarak jauh yang telah Anda lakukan
Apa
tujuan penilaian diri terhadap praktik baik pembelajaran jarak jauh?
1. Membantu Anda melakukan
penilaian diri secara obyektif dan terstruktur terhadap praktik baik pembelajaran
jarak jauh Anda
2. Membantu Anda melakukan
refleksi untuk mengetahui aspek dari pembelajaran jarak jauh Anda yang sudah
efektif dan aspek yang masih perlu diperbaiki
3. Membantu Anda menjadi guru
belajar sepanjang hayat demi memberikan pembelajaran yang bermakna bagi siswa
Anda
Apa
prinsip penilaian diri terhadap praktik baik pembelajaran jarak jauh?
1.
Kemandirian. Anda sebagai guru tentu sebagaimana orang dewasa
yang lain mempunyai kemandirian dalam melakukan penilaian. Mandiri berarti
melakukannya sendiri, tidak tergantung atau terpengaruh pihak lain.
2.
Tidak beresiko. Apapun pilihan jawaban Anda, tidak mempengaruhi
kelulusan Anda pada program Guru Belajar seri Masa Pandemi COVID-19
3.
Orientasi belajar. Pilihan jawaban Anda memang tidak
mempengaruhi kelulusan tapi akan mempengaruhi arah belajar Anda. Semakin
obyektif Anda melakukan penilaian, semakin besar Anda mendapatkan pelajaran
penting dari program Diklat Guru Belajar seri Masa Pandemi COVID-19.
Setelah
memahami tujuan dan prinsipnya, Anda dipersilahkan melakukan penilaian diri
pembelajaran jarak jauh dengan mengisi Asesmen Pasca Program: Menilai Praktik
Baik Pembelajaran Jarak Jauh.
Saya
bisa menunjukkan bukti adanya penerapan 6 prinsip Pembelajaran Jarak Jauh pada
rancangan pembelajaran saya
·
Ya
·
Tidak
Saya
memberi pilihan peran dan kesempatan kepada orangtua terlibat dalam
pembelajaran jarak jauh yang saya rancang
·
Ya
·
Tidak
Saya
merancang dan menerapkan pembelajaran jarak yang melalui pemberian tugas yang
bervariasi
·
Ya
·
Tidak
Saya
mempelajari KI/KD di dokumen kurikulum pada kondisi khusus untuk merancang
pembelajaran jarak jauh.
·
Ya
·
Tidak
Saya
menggunakan sebuah aktivitas pembelajaran yang bisa mencapai penguasaan lebih
dari 1 kompetensi
·
Ya
·
Tidak
Saya
bisa menunjukkan adanya penyesuaian terhadap kondisi khusus pada praktik baik
pembelajaran jarak jauh yang saya lakukan
·
Ya
·
Tidak
Saya
melakukan asesmen diagnosis sebelum merancang pembelajaran jarak jauh
·
Ya
·
Tidak
Saya
menggali data dari siswa dan orangtua/wali dalam melakukan asesmen diagnosis
·
Ya
·
Tidak
Saya
mendiskusikan hasil asesmen diagnosis dengan murid atau rekan guru yang lain
untuk mendapatkan kesimpulan yang lebih akurat
·
Ya
·
Tidak
Saya
menggunakan hasil asesmen diagnosis aspek kognitif untuk menyesuaikan tujuan
dan konten pembelajaran jarak jauh
·
Ya
·
Tidak
Saya
menggunakan hasil asesmen diagnosis aspek non kognitif untuk menentukan
strategi dan teknologi pembelajaran jarak jauh
·
Ya
·
Tidak
Saya
melakukan asesmen diagnosis pada pertengahan pembelajaran untuk memberi umpan
balik pada siswa
·
Ya
·
Tidak
Saya
mempertimbangkan kondisi siswa dalam memilih teknologi dan media pembelajaran
jarak jauh
·
Ya
·
Tidak
Saya
menggunakan pelajaran dan inspirasi yang dapatkan dari program ini dalam
merancang pembelajaran jarak jauh.
·
Ya
·
Tidak
Saya
merancang dan menerapkan pembelajaran jarak jauh yang berbeda dengan yang saya
lakukan sebelum mengikuti program
·
Ya
·
Tidak
Hasil Asesmen Pasca Program: Menilai Praktik Baik Pembelajaran
Jarak Jauh
Tahap
2: Diklat Guru Belajar seri Masa Pandemi COVID-19 (Angkatan II) Hasil
Asesmen Pasca Program: Menilai Praktik Baik Pembelajaran Jarak Jauh
IN PROGRESS
Anda
sudah melakukan Penilaian Diri Pembelajaran Jarak Jauh dan sudah mendapatkan
nilai hasilnya. Apa arti dari nilai tersebut?
Nilai 1 hingga 5
Semangat
Pemula. Semangat belajar Anda layak diapresiasi. Meski berat, Anda telah
berusaha dan mencoba melakukan pembelajaran jarak jauh yang lebih bermakna.
Mari ditingkatkan lagi. Pelajari ulang program Guru Belajar seri Masa Pandemi
COVID-19 secara mandiri atau ajak diskusi rekan guru yang lain agar bisa
mendapatkan pemahaman yang lebih utuh.
Nilai 6 hingga 10
Pendaki
Tantangan. Usaha Anda layak diapresiasi. Anda telah melakukan perbedaan
penerapan pembelajaran jarak jauh dibandingkan pembelajaran sebelumnya. Anda
sudah melakukan pembelajaran yang mulai berpihak pada siswa. Mari ditingkatkan
lagi! Perhatikan aspek-aspek penilaian diri yang masih belum terpenuhi. Lakukan
perbaikan pada rencana pembelajaran jarak jauh berikutnya.
Nilai 11 hingga 15
Potensi
Penggerak. Usaha Anda layak dipelajari oleh guru yang lain. Anda telah
melakukan pembelajaran jarak yang yang berpihak pada anak. Praktik baik
pembelajaran jarak jauh yang Anda lakukan layak menjadi sumber inspirasi bagi
guru yang lain. Mari bergerak lebih jauh, mengajak guru yang lain untuk
mengembangkan kemampuan melakukan pembelajaran jarak jauh. Ajak mereka
mengikuti program Guru Belajar seri Masa Pandemi COVID-19. Semangat!
Anda
punya Semangat Pemula, Pendaki Tantangan atau Potensi Penggerak? Apa pun
hasilnya, selamat buat Anda! Apa pun hasilnya yang penting adalah tindak lanjut
belajarnya. Mari kita mulai.
Anda
dapat melakukan review kuis dan mempelajari poin-poin apa saja yang masih perlu
dikembangkan dan mengikuti kembali kuis refleksinya. Klik “kembali” untuk
mengikuti kuis lagi. Dari poin-poin perbaikan tersebut, Anda akan membuat
rencana perbaikan.
Silahkan
lanjutkan ke topik terakhir, Membuat rencana perbaikan praktik pembelajaran
jarak jauh.
Klik pada tombol “Tandai Telah
Selesai” untuk melaporkan pada sistem bahwa Anda sudah menyelesaikan pelajaran
pada modul ini.
Membuat
Rencana Perbaikan Praktik Pembelajaran Jarak Jauh
Tahap
2: Diklat Guru Belajar seri Masa Pandemi COVID-19 (Angkatan II) Membuat
Rencana Perbaikan Praktik Pembelajaran Jarak Jauh
IN PROGRESS
Selamat
ya sudah sampai pada topik terakhir pada Tahap 2: Guru Belajar seri Masa
Pandemi COVID-19. Sungguh suatu perjuangan belajar yang luar biasa. Pada bagian
ini, Anda diajak melakukan langkah perbaikan berdasarkan hasil penilaian diri
yang telah Anda lakukan pada topik sebelumnya.
Ingat
kembali hasil penilaian diri terhadap pembelajaran jarak jauh. Apa aspek yang
masih perlu diperbaiki dari praktik pembelajaran jarak jauh yang Anda lakukan?
Apabila ada lebih dari 1 aspek, pilih satu aspek yang akan menjadi fokus
perbaikan. Silahkan isi tabel berikut ini dengan mengacu pada panduan berikut
ini:
Aspek PJJ: Tulis aspek pembelajaran
jarak jauh yang ingin diperbaiki.
Sasaran Perbaikan: Tuliskan sasaran
perbaikan pembelajaran jarak jauh yang ingin Anda capai. Semisal: Menggunakan
hasil asesmen diagnosis untuk merancang pembelajaran jarak jauh.
Rencana Perbaikan: Langkah-langkah yang
perlu Anda lakukan untuk melakukan perbaikan pembelajaran jarak jauh.
Tuliskan
secara ringkas, agar mudah dipahami dan dilakukan. Rencana perbaikan yang baik
adalah rencana perbaikan yang dilakukan.
Anda
bisa membuat sendiri tabel perbaikan pembelajaran jarak jauh. Anda bisa perkaya
dengan komponen lain asal ada 3 komponen inti: aspek PJJ, sasaran perbaikan dan
rencana perbaikan.
|
Sasaran Perbaikan |
Rencana Perbaikan |
|
Klik pada tombol
“Tandai Telah Selesai” untuk melaporkan pada sistem bahwa Anda sudah
menyelesaikan pelajaran pada modul ini
0 Komentar
Isikan Komentar Anda