Tahap 2: Diklat Guru Belajar seri Masa Pandemi COVID-19 (Angkatan II)

Selamat Anda sudah menyelesaikan Tahap 1: Bimtek Guru Belajar seri Masa Pandemi COVID-19! Keberhasilan yang hanya bisa diraih dengan semangat belajar yang berkobar.

Sekarang, Anda masuk pada Tahap 2: Diklat Guru Belajar seri Masa Pandemi COVID-19 dari Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Apabila Tahap 1 sudah menantang, maka Anda akan mendapatkan tantangan tambahan pada Tahap 2. Semoga semangat Anda masih berkobar untuk menyelesaikan Tahap 2 hingga tuntas.

Pada tahap ini, Anda akan mempelajari mengenai

Tahap 2 terdiri dari 3 bagian utama, yaitu:

  1. Mendapatkan Inspirasi. Anda diharapkan menyaksikan video webinar untuk mendapatkan inspirasi pembelajaran jarak jauh.
  2. Mengembangkan. Anda diharapkan merancang dan menerapkan pembelajaran jarak jauh di kelas Anda.
  3. Merefleksikan. Anda diharapkan menulis dan menilai praktik baik pembelajaran jarak jauh.

Untuk kelancaran pelaksanaan pembelajaran ini, Anda diharapkan untuk:

  1. Mengikuti instruksi pembelajaran dengan teliti
  2. Mempelajari secara seksama semua konsep 
  3. Mengisi kuis sesuai kondisi Anda sebenarnya
  4. Melakukan latihan secara mandiri dan berkala

Course Content

Mendapatkan Inspirasi Pengembangan Pembelajaran Jarak Jauh

Inspirasi Pembelajaran Jarak Jauh untuk Guru PAUD/RA

Inspirasi Pembelajaran Jarak Jauh untuk Guru SD/MI

Inspirasi Pembelajaran Jarak Jauh untuk Guru SMP/MTS

Inspirasi Pembelajaran Jarak Jauh untuk Guru SMA/MA

Inspirasi Pembelajaran Jarak Jauh untuk Guru SMK

Inspirasi Pembelajaran Jarak Jauh untuk Guru SLB

 

Mengembangkan Pembelajaran Jarak Jauh

Pilihan Sumber Belajar yang Bisa Digunakan untuk Pembelajaran Jarak Jauh5 Topics

Merancang dan Menerapkan Pembelajaran Jarak Jauh

Menulis Praktik Baik Pembelajaran Jarak Jauh1 Quiz

 

Merefleksikan Pembelajaran Jarak Jauh

Melakukan Penilaian Diri Praktik Baik Pembelajaran Jarak Jauh1 Quiz

Hasil Asesmen Pasca Program: Menilai Praktik Baik Pembelajaran Jarak Jauh

 Membuat Rencana Perbaikan Praktik Pembelajaran Jarak Jauh

 

Menulis Praktik Baik Pembelajaran Jarak Jauh

Tahap 2: Diklat Guru Belajar seri Masa Pandemi COVID-19 (Angkatan II)  Menulis Praktik Baik Pembelajaran Jarak Jauh

IN PROGRESS

Selamat! Anda telah merancang dan menerapkan pembelajaran jarak jauh. Pasti ada suka dukanya. Tidak sedikit dinamikanya. Apa pun, pasti ada pelajaran penting dari pengalaman tersebut. 

Sekarang Anda diundang untuk mengingat keseluruhan pengalaman merancang dan menerapkan pembelajaran jarak jauh. Dari keseluruhan pengalaman tersebut, ingatlah alurnya dari awal hingga akhir. Dari penuh tantangan hingga membuahkan hasil. Setelah itu, tuliskan alur pengalaman tersebut menjadi sebentuk tulisan praktik baik pembelajaran jarak jauh. Anda boleh mempelajari contoh praktik baik pembelajaran jarak jauh pada Surat Kabar Guru Belajar edisi Sekolah Lawan Corona.

Ada 3 poin dalam bentuk pertanyaan panduan yang akan membantu Anda untuk menuliskan praktik baik pembelajaran. Silakan cermati pertanyaan-pertanyaan panduan berikut ini:

1.      Ingat seluruh pengalaman Anda dalam merancang dan menerapkan pembelajaran jarak jauh. Bagaimana alur pengalaman Anda sejak awal merancang hingga menerapkan pembelajaran jarak jauh? Bagaimana kondisi awal? Apa tantangan yang dihadapi? Apa yang Anda lakukan untuk mengatasi tantangan?


2.      Dari pengalaman yang telah Anda jelaskan sebelumnya, bagaimana respon dan komentar dari siswa Anda? Apa usulan siswa untuk pengembangan pembelajaran jarak jauh selanjutnya?

 

3.      Apa perbedaan praktik pembelajaran jarak jauh yang Anda lakukan antara sebelum dan sesudah mengikuti program Guru Belajar seri Masa Pandemi COVID-19? Tuliskan poin perbedaan beserta bukti dan penjelasannya

 

Anda dapat membuat draft penulisan dengan bantuan penduan ini, kemudian menyalinnya sebagi jawaban pertanyaan untuk mengunggah praktik baik Anda. Selamat bekerja!

Lesson Content

Mengunggah Tulisan Praktik Baik Pembelajaran Jarak Jauh

 Melakukan Penilaian Diri Praktik Baik Pembelajaran Jarak Jauh

Tahap 2: Diklat Guru Belajar seri Masa Pandemi COVID-19 (Angkatan II)  Melakukan Penilaian Diri Praktik Baik Pembelajaran Jarak Jauh

IN PROGRESS

Anda sudah menuliskan praktik baik pembelajaran jarak jauh. Salut buat Anda! Butuh kemauan belajar dan usaha yang keras untuk menyelesaikannya. 

Sekarang, Anda diharapkan melakukan penilaian diri terhadap praktik baik pembelajaran jarak jauh yang telah Anda lakukan

Apa tujuan penilaian diri terhadap praktik baik pembelajaran jarak jauh?

1.    Membantu Anda melakukan penilaian diri secara obyektif dan terstruktur terhadap praktik baik pembelajaran jarak jauh Anda

2.    Membantu Anda melakukan refleksi untuk mengetahui aspek dari pembelajaran jarak jauh Anda yang sudah efektif dan aspek yang masih perlu diperbaiki 

3.    Membantu Anda menjadi guru belajar sepanjang hayat demi memberikan pembelajaran yang bermakna bagi siswa Anda

Apa prinsip penilaian diri terhadap praktik baik pembelajaran jarak jauh?

1.    Kemandirian. Anda sebagai guru tentu sebagaimana orang dewasa yang lain mempunyai kemandirian dalam melakukan penilaian. Mandiri berarti melakukannya sendiri, tidak tergantung atau terpengaruh pihak lain.

2.    Tidak beresiko. Apapun pilihan jawaban Anda, tidak mempengaruhi kelulusan Anda pada program Guru Belajar seri Masa Pandemi COVID-19

3.    Orientasi belajar. Pilihan jawaban Anda memang tidak mempengaruhi kelulusan tapi akan mempengaruhi arah belajar Anda. Semakin obyektif Anda melakukan penilaian, semakin besar Anda mendapatkan pelajaran penting dari program Diklat Guru Belajar seri Masa Pandemi COVID-19. 

Setelah memahami tujuan dan prinsipnya, Anda dipersilahkan melakukan penilaian diri pembelajaran jarak jauh dengan mengisi Asesmen Pasca Program: Menilai Praktik Baik Pembelajaran Jarak Jauh. 

Saya bisa menunjukkan bukti adanya penerapan 6 prinsip Pembelajaran Jarak Jauh pada rancangan pembelajaran saya

·         Ya

·         Tidak

Saya memberi pilihan peran dan kesempatan kepada orangtua terlibat dalam pembelajaran jarak jauh yang saya rancang

·         Ya

·         Tidak

Saya merancang dan menerapkan pembelajaran jarak yang melalui pemberian tugas yang bervariasi

·         Ya

·         Tidak

Saya mempelajari KI/KD di dokumen kurikulum pada kondisi khusus untuk merancang pembelajaran jarak jauh.

·         Ya

·         Tidak

Saya menggunakan sebuah aktivitas pembelajaran yang bisa mencapai penguasaan lebih dari 1 kompetensi

·         Ya

·         Tidak

Saya bisa menunjukkan adanya penyesuaian terhadap kondisi khusus pada praktik baik pembelajaran jarak jauh yang saya lakukan

·         Ya

·         Tidak

Saya melakukan asesmen diagnosis sebelum merancang pembelajaran jarak jauh

·         Ya

·         Tidak

Saya menggali data dari siswa dan orangtua/wali dalam melakukan asesmen diagnosis

·         Ya

·         Tidak

Saya mendiskusikan hasil asesmen diagnosis dengan murid atau rekan guru yang lain untuk mendapatkan kesimpulan yang lebih akurat

·         Ya

·         Tidak

Saya menggunakan hasil asesmen diagnosis aspek kognitif untuk menyesuaikan tujuan dan konten pembelajaran jarak jauh

·         Ya

·         Tidak

Saya menggunakan hasil asesmen diagnosis aspek non kognitif untuk menentukan strategi dan teknologi pembelajaran jarak jauh

·         Ya

·         Tidak

Saya melakukan asesmen diagnosis pada pertengahan pembelajaran untuk memberi umpan balik pada siswa

·         Ya

·         Tidak

Saya mempertimbangkan kondisi siswa dalam memilih teknologi dan media pembelajaran jarak jauh

·         Ya

·         Tidak

Saya menggunakan pelajaran dan inspirasi yang dapatkan dari program ini dalam merancang pembelajaran jarak jauh.

·         Ya

·         Tidak

Saya merancang dan menerapkan pembelajaran jarak jauh yang berbeda dengan yang saya lakukan sebelum mengikuti program

·         Ya

·         Tidak

Hasil Asesmen Pasca Program: Menilai Praktik Baik Pembelajaran Jarak Jauh

Tahap 2: Diklat Guru Belajar seri Masa Pandemi COVID-19 (Angkatan II)  Hasil Asesmen Pasca Program: Menilai Praktik Baik Pembelajaran Jarak Jauh

IN PROGRESS

Anda sudah melakukan Penilaian Diri Pembelajaran Jarak Jauh dan sudah mendapatkan nilai hasilnya. Apa arti dari nilai tersebut?

Nilai 1 hingga 5

Semangat Pemula. Semangat belajar Anda layak diapresiasi. Meski berat, Anda telah berusaha dan mencoba melakukan pembelajaran jarak jauh yang lebih bermakna. Mari ditingkatkan lagi. Pelajari ulang program Guru Belajar seri Masa Pandemi COVID-19 secara mandiri atau ajak diskusi rekan guru yang lain agar bisa mendapatkan pemahaman yang lebih utuh. 

Nilai 6 hingga 10

Pendaki Tantangan. Usaha Anda layak diapresiasi. Anda telah melakukan perbedaan penerapan pembelajaran jarak jauh dibandingkan pembelajaran sebelumnya. Anda sudah melakukan pembelajaran yang mulai berpihak pada siswa. Mari ditingkatkan lagi! Perhatikan aspek-aspek penilaian diri yang masih belum terpenuhi. Lakukan perbaikan pada rencana pembelajaran jarak jauh berikutnya. 

Nilai 11 hingga 15

Potensi Penggerak. Usaha Anda layak dipelajari oleh guru yang lain. Anda telah melakukan pembelajaran jarak yang yang berpihak pada anak. Praktik baik pembelajaran jarak jauh yang Anda lakukan layak menjadi sumber inspirasi bagi guru yang lain. Mari bergerak lebih jauh, mengajak guru yang lain untuk mengembangkan kemampuan melakukan pembelajaran jarak jauh. Ajak mereka mengikuti program Guru Belajar seri Masa Pandemi COVID-19. Semangat!

Anda punya Semangat Pemula, Pendaki Tantangan atau Potensi Penggerak? Apa pun hasilnya, selamat buat Anda! Apa pun hasilnya yang penting adalah tindak lanjut belajarnya. Mari kita mulai.

Anda dapat melakukan review kuis dan mempelajari poin-poin apa saja yang masih perlu dikembangkan dan mengikuti kembali kuis refleksinya. Klik “kembali” untuk mengikuti kuis lagi. Dari poin-poin perbaikan tersebut, Anda akan membuat rencana perbaikan.

Silahkan lanjutkan ke topik terakhir, Membuat rencana perbaikan praktik pembelajaran jarak jauh.

Klik pada tombol “Tandai Telah Selesai” untuk melaporkan pada sistem bahwa Anda sudah menyelesaikan pelajaran pada modul ini.


Membuat Rencana Perbaikan Praktik Pembelajaran Jarak Jauh

Tahap 2: Diklat Guru Belajar seri Masa Pandemi COVID-19 (Angkatan II)  Membuat Rencana Perbaikan Praktik Pembelajaran Jarak Jauh

IN PROGRESS

Selamat ya sudah sampai pada topik terakhir pada Tahap 2: Guru Belajar seri Masa Pandemi COVID-19. Sungguh suatu perjuangan belajar yang luar biasa. Pada bagian ini, Anda diajak melakukan langkah perbaikan berdasarkan hasil penilaian diri yang telah Anda lakukan pada topik sebelumnya.

Ingat kembali hasil penilaian diri terhadap pembelajaran jarak jauh. Apa aspek yang masih perlu diperbaiki dari praktik pembelajaran jarak jauh yang Anda lakukan? Apabila ada lebih dari 1 aspek, pilih satu aspek yang akan menjadi fokus perbaikan. Silahkan isi tabel berikut ini dengan mengacu pada panduan berikut ini:

Aspek PJJ: Tulis aspek pembelajaran jarak jauh yang ingin diperbaiki. 

Sasaran Perbaikan: Tuliskan sasaran perbaikan pembelajaran jarak jauh yang ingin Anda capai. Semisal: Menggunakan hasil asesmen diagnosis untuk merancang pembelajaran jarak jauh.

Rencana Perbaikan: Langkah-langkah yang perlu Anda lakukan untuk melakukan perbaikan pembelajaran jarak jauh. 

Tuliskan secara ringkas, agar mudah dipahami dan dilakukan. Rencana perbaikan yang baik adalah rencana perbaikan yang dilakukan. 

Anda bisa membuat sendiri tabel perbaikan pembelajaran jarak jauh. Anda bisa perkaya dengan komponen lain asal ada 3 komponen inti: aspek PJJ, sasaran perbaikan dan rencana perbaikan. 

Aspek PJJ

Sasaran Perbaikan

Rencana Perbaikan




Klik pada tombol “Tandai Telah Selesai” untuk melaporkan pada sistem bahwa Anda sudah menyelesaikan pelajaran pada modul ini

 

Posting Komentar

0 Komentar