1. Rasional perubahan kurikulum yang mengacu pada tantangan eksternal adalah A. Rasio usia produktif yang tinggi. B. Tingginya keragaman antar daerah. C. tuntutan kompetensi abad 21` D. Ekonomi berbasis agraris dan kembali ke alam.
2. Observasi, membuat pertanyaan, mengumpulkan informasi, mengasosiasi, dan mengomunikasikan merupakan langkah-langkah pembelajaran pada …. A. Pendekatan Scientific Learning B. Pendekatan Belajar Aktif C. Pendekatan Otentik D. Pendekatan Problem-based learning
3. Untuk menjaga konsistensi ketercapaian kompetensi, maka urutan kompetensi dalam kurikulum 2013 ditata berdasarkan urutan hirarkis sebagai berikut …. A. SKL, StandarKompetensitingkatKelas, KD, danindikator B. SKL, Standar Kompetensi mata pelajaran, Standar Kompetensi tingkat Kelas, KD, dan indikator C. SKL, KI, KD, danindikator D. SKL, Standar Kompetensi mata pelajaran, KI, Standar Kompetensi tingkat Kelas, dan KD
4. Ruang lingkup materi pada jenjang SMP yaitu, kecuali .... A. Geometri B. Aljabar C. Statistika dan Peluang D. Kalkulus
5. Hubungan keterkaitan antara SKL, KI, dan KD yang benar adalah …. A. Mata pelajaran diturunkan dari KD dan KI. B. KD mengikats emua SKL dan KI dalam kurikulum. C. SKL disusun berdasarkan materi pelajaran yang terwakili dalam KD. D. KD diturunkan sebagai penjabaran dari KI dan KI sebagai jabaran dari SKL.
6. Model pembelajaran yang sesuai Kurikulum 2013 memiliki karakteristik …. A. Menggunakan berbagai sumber belajar di lingkungan sekolah. B. Melibatkan peserta didik dalam proses mengapa, bagaimana, dan apa yang dipelajari. C. Melibatkan banyak pihak dalam proses pembelajaran yang saling mendukung tujuan pembelajaran.
D. Meliput ibeberapa tahap yang menyediakan ruang bagi penggunaan teknologi informasi dan komunkasi.
7. Matematika dimasukkan sebagai salah satu nama mata pelajaran dalam kurikulum nasional, dimulai sejak diberlakukannya kurikulum tahun …. A. 1947 B. 1968 C. 1975 D. 1984
8. Prinsip dalam pengembangan kurikulum yang harus diacua dalah, kecuali …. A. Keberlanjutan B. Keterwakilan C. Kesesuaian D. Keluwesan
9. Indikator pencapaian kompetensi memiliki sifat pokok sebagai berikut …. A. Memuat kata kerjaoperasional B. Merupakan komponen dalam RPP C. Terkait dengan tujuan pembelajaran D. Sebagai turunan dari kompetensi dasar
10. Berikut arakteristik matematika sebagai ilmu atau pengetahuan, kecuali …. A. Konsisten dalam sistemnya B. Memiliki objek yang abstrak C. Bertumpu pada kesepakatan D. Berpola piker induktif dan intuitif
11. Perbedaan matematika sebagai ilmu atau pengetahuan dan matematika sebagai mata pelajaran, tercakup dalam hal, kecuali …. A. Semesta pembicaraannya B. Modus penyajiannya C. Tingkat keabstrakan D. Derajat validitasnya
12. Dengan belajar matematika, peserta didik diharapkan memperoleh manfaat …. A. Memahami bahw amatematika merupakan salah satu ilmu dasar. B. Mengenal matematika sebagai ilmu yang ketat dan terstruktur. C. Memperoleh kemampuan berpikir cermat, logis dan kreatif. D. Merasakan pengalaman betapa sulitnya matematika.
13. Dalam mendesain pembelajaran matematika, perludi perhatikan pengelolaan materi matematika sehingga peserta didik … A. Belajar secara bertahap dapat memperoleh pengetahuan matematika. B. Menerima penyajian materi matematika dalam berbagai modus representasi. C. Langsung memperoleh rumusan konsep materi matematika yang dipelajari. D. Memperoleh kesempatan mengkonstruksi sendiri pengetahuan matematikanya .
14. Agar siswa mempunyai keterampilan dalam melakukan perkalian berulang untuk menentukan hasil perpangkatan, materi pokok pembelajaran yang tepat adalah ... A. Bilangan berpangkat bulat positif B. Bilangan berpangka trasional C. Bilangan berpangkat irasional D. Bilangan berpangkat negatif
15. Agar peserta didik mempunyai keterampilan dalam melakukan teknik eliminasi dan substitusi untuk menyelesaikan penyelesaian suatus istem persamaan, materi pokok pembelajaran yang tepat adalah ... A. System persamaan linear B. Operasi aljabar C. Persamaan kuadrat D. Operasi bilangan
16. Agar peserta didik mempunyai keterampilan dalam menentukan hasil rotasi suatu objek untuk menyelesaikan masalah penentuan posisi dan ukuran benda-benda hasil perubahan, materi pokok pembelajaran yang tepat adalah ... . A. Transformasi B. Persamaan Linear C. Himpunan D. Barisan Bilangan
17. Kegiatan saintifik dalam kurikulum 2013 terkait erat dengan kegiatan dan pengalaman belajar berikut : A. Menirukan B. Menalar C. Diskusi D. Mempertanyakan
18. Perluasan dan kedalaman materi pelajaran disajikan secara berjenjang dengan penguatan proses pembelajaran berpusat pada aktivitas aktif siswa dengan system penilaian beracuan pada kriteria, merupakan A. Perubahan mendasar yang terjadi padaKurikulum 2013 terkait standarisi, proses, dan penilaian B. Komponen elemen perubahan yang menjadi ciri Kurikulum 2013 C. Konsekuensi perubahan kurikulum agar Kurikulum 2013 mudah diterapkan D. Implikasi dari penerapan pendekatan saintifik dan penilaian otentik dalam Kurikulum 2013
0 Komentar
Isikan Komentar Anda